Cara mengambil file .JAR dari aplikasi yang sudah terinstal di HP Sony Ericsson

Saturday, October 22nd 2011. | Java Apps, Tips-Tricks

Jika Anda suka mengedit aplikasi java atau ingin mengirimkan aplikasi java ke ponsel lain, tentu Anda membutuhkan file mentah dari aplikasi tersebut yang berformat .jar. Untuk itu Anda perlu menyimpan aplikasi mentah tersebut pada folder yang terlihat oleh sistem ponsel. Tapi bagaimana jika aplikasi yang ingin Anda edit atau kirimkan tersebut sudah terinstal di folder aplikasi? Tentu tidak ada pilihan untuk mengirim aplikasi tersebut.

Kali ini saya akan share cara mengambil file .jar (file mentah) dari aplikasi yang sudah terinstal pada ponsel Sony Ericsson, barangkali ada yang belum tahu :D

.

Yang perlu Anda siapkan adalah aplikasi file manager seperti BlueFTP, MobyExplorer, SE File Manager atau lainnya, cukup salah satu saja. Jika belum punya aplikasinya, silahkan download disini. Aplikasi yang ingin Anda ambil file mentahnya, harus tersimpan pada kartu memori, jika terinstal pada memori telepon, silahkan dipindah terlebih dahulu.

BlueFTPBuka aplikasi file manager Anda, buka folder E:/System/ams atau pada Sony Ericsson lama seperti W200, W810 dll, buka e:/MSSEMC/System/ams. Dalam folder ams tersebut terdapat beberapa jenis file, ada yang berekstensi .jad, .jar dan lainnya, silahkan Anda salin/copy file yang berekstensi .jar dan tempelkan/paste ke folder lain yang dapat dilihat dari file manager ponsel seperti folder gambar, video atau musik.

CATATAN:

-Cara diatas tidak berlaku untuk semua jenis ponsel SE.

-Mungkin tidak semua aplikasi yang Anda ambil dari folder ams dapat diinstal kembali.

tags: