Cara membuat Subdomain untuk Hosting yang berbeda

Wednesday, February 8th 2012. | Tutorial, WAP-WEB

Subdomain adalah bagian dari nama domain induk (domain utama). Subdomain umumnya mengacu ke alamat fisik di sebuah situs. Contohnya: mobitricks.info adalah domain induk, sedangkang blog.mobitricks.info adalah sub domain. Subdomain biasanya berada di depan nama domain dan dipisahkan dengan titik. Contoh: blog.mobitricks.info, blog adalah subdomain dari mobitricks.info.

Jika Anda menggunakan layanan web hosting yang menggunakan cPanel, Anda dapat dengan mudah membuat subdomain melalui menu Subdomains yang ada di cPanel, tapi biasanya alamat subdomain tersebut masih berada di server hosting yang sama dengan domain utama. Nah bagaimana jika Anda ingin membuat subdomain untuk server hosting yang berbeda?.

Berikut ini saya beri contoh beberapa subdomain yang dibuat untuk server hosting yang berbeda:

Cara membuat subdomain untuk server hosting yang berbeda-beda seperti contoh diatas, jangan gunakan menu Subdomains di cPanel untuk membuatnya, tapi buatlah melalui menu DNS Zone Editor di cPanel hosting Anda. Buatlah A atau CNAME Record diarahkan ke server hosting tujuan. Contoh, saya membuat my.mobitricks.info untuk digunakan di Blogspot, yang saya lalukan adalah membuat CNAME Record dengan Hostname: my dan IP/Value: ghs.google.com.

Jika di cPanel hosting Anda tidak ada menu DNS Zone Editor, Anda bisa membuat subdomain melalui pengaturan DNS di Kontrol Panel domain dimana Anda mendaftarkan domain tersebut dengan syarat hosting yang digunakan untuk domain utama mendukung DNS record untuk pengaturan domainnya. Jika hosting yang Anda gunakan untuk domain utama hanya mendukung Nameserver, mungkin cara membuat subdomain seperti yang saya terangkan diatas tidak dapat Anda lakukan.

tags: , ,